Cek Frame Sepeda

Cek Frame Sepeda

28 April 2021

Frame adalah bagian sepeda yang menopang keseluruhan sepeda hingga dapat digunakan. Brand dan identitas sepeda pada umumnya terpampang di frame.

Karena itu, frame menjadi bagian pertama yang menjadi daya tarik bagi sebagian besar orang. Baik frame dengan material steel, aluminium alloy, atau carbon membutuhkan perhatian yang berbeda sesuai dengan karakteristik material dan kegunaannya.

Untuk faktor keamanan, tidak ada salahnya Anda lakukan pengecekan dan perawatan frame seperti berikut:

  • Bersihkan sepeda terlebih dahulu. Bisa dengan mencuci atau mengelapnya hingga bersih. Sepeda yang bersih meminimalisir ruang bagi kotoran atau minyak menempel lebih lama.
  • Periksa secara detil. Setelah sepeda bersih, memeriksa detil frame membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Perhatikan top tube, down tube, seat stay, chain stay, dan seat tube dari segala sisi, pastikan aman dari retak rambut. Perhatikan juga tiap sambungannya. Area yang dilas (welds) perlu dilakukan pengecekan lebih detil.
  • Perhatikan cat yang mengelupas. Jika ada bagian cat yang terkelupas, pastikan jika tidak ada keretakan yang menyertainya. Amplas bagian yang mengelupas, sehingga tidak merembet ke bagian lain. Untuk bagian frame yang sering terkena gesekan kabel bisa diakali dengan menempel stiker khusus frame untuk melindungi bagian tersebut, yang biasanya terbuat dari karet.
  • Jika ada bagian yang penyok, khusus untuk steel, pastikan tidak mempengaruhi fungsi dan dicek lagi kelurusan frame dari arah belakang atau depan.
  • Khusus untuk sepeda full suspension, cek juga bagian shock mounting bolts bekerja maksimal, tidak terkendala ataupun seret. Gunakan grease untuk tiap persendiannya ya.