Melatih Cadence

Melatih Cadence

30 November 2020

Cadence adalah jumlah putaran (360 derajat) pedal sepeda dalam satuan waktu atau disebut juga pedalling rate. Cadence sepeda dinyatakan dalam RPM (revolutions/rotary per minute) atau jumlah putaran pedal sepeda dalam satu menit.

Cadence tinggi (100 rpm atau lebih) sangat bagus untuk meningkatkan kayuhan pedal dan menambah kekuatan kaki serta otot Anda. Sementara itu, cadence rendah (50-60 rpm) bagus untuk mengembangkan ketahanan otot dan tenaga, biasanya untuk bersepeda jarak jauh. Cadence antara 75-80 rpm masuk dalam kategori resistensi sedang, cocok untuk membangun ketahanan dan ini adalah latihan yang cukup sulit untuk membuat tubuh Anda beradaptasi dan tumbuh lebih kuat. Cara yang cukup mudah adalah dengan mempertahankan intensitasnya selama 20, 30, 45, atau bahkan 60 menit.

Apakah cadence rendah yang terbaik? Ataukah cadence tinggi yang lebih cocok untuk melatih kekuatan? Semua kembali kepada gaya dan sub-bidang bersepeda yang Anda tekuni. Latihlah cadence sesuai kebutuhan, dan yang terpenting adalah konsistensinya. Tips berikutnya adalah tentu dengan pengaturan dan pemilihan part sepeda yang tepat, serta perhatikan juga kondisi fisik Anda.

Latest News