E-Bike VS E-Moped: Ini Perbedaannya, Pilih yang Tepat untuk Anda

E-Bike VS E-Moped: Ini Perbedaannya, Pilih yang Tepat untuk Anda

21 September 2023

Kendaraan berbasis listrik yang berfokus pada mobilitas perkotaan, e-bike dan e-moped adalah dua opsi yang semakin populer. E-bike adalah singkatan dari electric bicycle atau sepeda listrik, moped adalah singkatan dari motor pedal, di indonesia kedua kendaraan ini sering disebut sepeda listrik jadi cukup rancu. Dalam artikel ini kami bedakan penyebutannya dengan nama e-bike dan e-moped.

Masing-masing kendaraan ini menawarkan solusi yang berbeda untuk transportasi yang ramah lingkungan, tetapi ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya dalam hal pengalaman pengendaraan, teknologi, performa dan tampilan.



Pengalaman Berkendara E-Bike dan Sepeda Listrik (E-Moped)

E-bike adalah evolusi dari sepeda konvensional. Mereka dilengkapi dengan motor listrik dan baterai, namun pengendara masih harus mengayuh pedal. Keunggulan utama e-bike adalah umumnya dilengkapi fitur pedal-assist. Ini berarti motor listrik memberikan bantuan saat pengendara mengayuh pedal. Pengendara bisa memilih sejauh mana mereka ingin berkontribusi, sehingga memberikan pengalaman yang mirip dengan sepeda konvensional, tetapi dengan bantuan tambahan saat diperlukan. Dengan adanya pedal assist maka filosofi bersepeda masih kuat, Anda akan mengalami pengalaman bersepeda layaknya sepeda konvensional. 


E-moped (motor pedal atau sepeda listrik) adalah kendaraan yang lebih mirip dengan sepeda motor atau skuter. Mereka dilengkapi dengan motor listrik, tuas gas (throttle) dan pedal. Pengendara dapat memilih untuk menggunakan tuas gas untuk mengendalikan kecepatan tanpa harus mengayuh pedal. Jika diinginkan, mereka juga bisa menggunakan pedal untuk mobilitas alternatif. Ini membuat e-moped lebih mirip dengan sepeda motor dalam pengalaman berkendara, tinggal menarik tuas gas maka kendaraan melaju. 


Teknologi Pedal Assist & Throttle pada E-Bike dan E-Moped

E-bike (sepeda listrik) biasanya dilengkapi dengan pedal assist yang memungkinkan pengendara mengatur level bantuan motor. Mereka juga memiliki baterai yang dapat diisi ulang dan beberapa fitur tambahan seperti layar digital untuk melihat status baterai dan kecepatan.


Sedangkan E-moped memiliki tuas gas yang mengendalikan daya motor secara langsung, mirip dengan sepeda motor bermesin konvensional. Mereka juga memiliki baterai yang dapat diisi ulang, tetapi fokus utama mereka adalah pada kendali motor listrik. 


Perbedaan Performa E-Bike dan E-Moped 

E-bike seringkali memiliki kecepatan maksimum yang lebih rendah dibandingkan dengan e-moped, seringkali berkisar antara 25 hingga 45 km/jam, ini adalah acuan kecepatan e-bike secara global, perlu diketahui bahwa regulasi tiap negara bisa berbeda. E-Bike ideal untuk penggunaan dalam kota, menerabas hutan berpetualang seperti pada sepeda gunung XC atau All Mountain. 


E-moped cenderung memiliki kecepatan maksimum yang lebih tinggi, seringkali mencapai 45 hingga 65 km/jam atau lebih, ini adalah acuan kecepatan global. Di indonesia, kecepatan moped (sepeda listrik) maksimal diharuskan tidak melebihi dari 25 km/jam. Ini membuat sepeda listrik jenis moped lebih cocok untuk perjalanan dalam kota yang cepat, di sekitar perumahan dan bahkan perjalanan jarak menengah.



E-bike sering memiliki tampilan yang mirip dengan sepeda konvensional, dengan bingkai yang serupa dan desain yang lebih ringkas. Secara kategori sepeda juga sangat luas, mulai dari folding bike, sepeda gunung (MTB), city bike hingga gravel bike bisa dibuat versi electric. 


E-moped memiliki tampilan yang lebih mirip dengan sepeda motor atau skuter konvensional, dengan handlebar yang lebih tinggi dan bingkai yang lebih ramping. Mereka menonjolkan gaya yang berbeda dan lebih menekankan kesan kendaraan bermotor.




United Bike tetap memperkuat filosofi bersepeda pada Moped 

Produsen sepeda, moped dan sepeda motor listrik, PT Terang Dunia Internusa dengan merek dagang United tetap membawa esensi/ filosofi bersepeda pada mopednya. United Bike telah menyematkan fitur/ teknologi pedal assist pada moped. Pedal-assist mengharuskan pengendara memberikan usaha fisik melalui mengayuh pedal untuk mengaktifkan bantuan dorongan motor listrik. Motor listrik memperkuat daya mengayuh pedal pengendara, membuatnya lebih mudah untuk mengatasi bukit, mengayuh jarak yang lebih jauh, dan mengurangi kelelahan. Pedal-assist cocok untuk pengendara yang ingin mengimbangi dengan latihan kebugaran sembari mobilisasi.


United Bike merekomendasikan, sepeda Listrik (Moped) lebih baik terdapat fitur Pedal Assist dan Throttle sekaligus supaya pengguna mendapatkan manfaat yang lebih luas. Dua opsi tarikan tuas gas atau pedal untuk menjaga kebugaran, hemat baterai dan berkendara lebih jauh. 



PT Terang Dunia Internusa (United Group) lengkap menyediakan produk E-Bike, E-Moped dan E-Motor. United fokus pada pengembangan kendaraan listrik, terutama sejak didirikannya pabrik khusus di Tangerang untuk produksi kendaraan listrik.  United memasukkan kategori sepeda listrik ke dalam group e-series, lengkap dengan tipe sepeda lipat, city bike, MTB, minivelo, commuter dan gravel. Sedangkan informasi motor listrik united bisa diakses di website www.unitedmotor.co.id


Kesimpulan:

Ketika memilih antara e-bike dan e-moped, penting untuk mempertimbangkan preferensi pribadi, kebutuhan mobilitas, dan regulasi lokal. E-bike menawarkan pengalaman yang lebih mirip dengan sepeda konvensional dengan bantuan listrik, sementara e-moped lebih cocok untuk pengguna yang menginginkan kendaraan yang lebih mirip dengan sepeda motor dalam pengalaman berkendara. Pilihlah yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda untuk menjadikan transportasi sehari-hari lebih ramah lingkungan.


Latest News & Event