Bersepeda Jarak Jauh

Bersepeda Jarak Jauh

07 May 2021

Banyak jenis sepeda yang bisa digunakan untuk bersepeda jarak jauh atau touring. Mulai dari MTB, hybrid, minivelo, hingga sepeda lipat. Pengecualiannya adalah jenis roadbike atau sepeda balap. Walau ada beberapa yang menggunakan roadbike untuk jarak jauh, kami tetap tidak menyarankan karena faktor materialnya yang ringan karena mengejar kecepatan dan ketidakleluasaan untuk dibebani dengan barang-barang.

Demi kenyamanan dan keamanan berkendara jarak jauh, ada baiknya memilih sepeda yang memang dirancang khusus untuk touring, seperti United Rockford, United Callister, dan United Gavriil.

Karakteristik sepeda jarak jauh terletak pada ketahanan atau kekuatannya, posisi berkendara yang nyaman, serta gear rendah yang pas digunakan untuk mendaki bukit. Lalu, adanya bagian untuk memasang rak, sepatbor, dan juga penggunaan ban dengan lebar yang sesuai (32 mm atau yang lebih besar) juga merupakan nilai tambah.

Semakin sering Anda bersepeda jarak jauh, pada akhirnya akan memiliki preferensi masing-masing untuk jenis track favorit dan juga sepedanya.

Latest News & Event

Langkah-Langkah Mudah Membersihkan Sepeda

15 June 2021

Langkah 1: Bersihkan drivetrain.Membersihkan drivetrain dengan benar berarti memperpanjang umur penggunaannya. Pastikan minyak yang sudah bercampur dengan debu atau tanah bisa hilang. Gunakan degreaser dan sikat untuk menyapu cassette, tiap-tiap lekukan, dan sela-selanya.Langkah 2: Bersihkan sistem pengereman.Rotor, pad, disc dan segala yang berhubungan dengan sistem pengereman dibersihkan dari debu atau kotoran, terutama yang terselip di antara pad dan disc. Gunakan kain halus, benang, atau microfiber.Langkah 3: Siram dan CuciGunakan selang, basuh sepeda dengan spons dan sabun hingga minyak dan kotoran terangkat. Jika menggunakan selang bertekanan air tinggi, jangan setting dengan semburan maksimal untuk menghindari goresan akibat pasir pada frame.Langkah 4: SikatGunakan sikat kecil (seperti sikat gigi bekas) untuk membersihkan area tersembunyi, persendian, dan juga bagian bawah yang sering berhadapan dengan cipratan. Lakukan sedetil mungkin.Langkah 5: BilasSetelah dirasa cukup bersih dan semua bagian terjangkau oleh sapuan air dan sikat, kemudian bilas. Gunakan hanya air bersih, dan tidak disarankan menggunakan air hujan.Langkah 6: KeringkanKeringkan seluruh bagian dengan menggunakan kanebo atau microfiber yang tidak meninggalkan jejak minyak di frame. Sesekali boleh digoyang-goyangkan atau ubah posisi sepeda untuk memastikan tidak ada air yang tertinggal. Jika perlu, lepaskan seatpost untuk mengeringkannya.langkah 7: Beri pelumasSetelah kering, lumasi ulang bagian rantai, RD dan FD. Putar roda, pedal, dan juga cek pergantian gigi, lumasi ulang bagian yang membutuhkan.(dari berbagai sumber)