Bersepeda Dalam Grup

Bersepeda Dalam Grup

15 June 2021

Bersepeda bersama tentu menyenangkan. Jarak tempuh yang jauh jadi tidak terlalu terasa melelahkan. Terlebih lagi, teman-teman yang asyik jadi mood booster yang efektif. Berikut merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan agar bersepeda dalam grup tetap aman & nyaman:

1. Saat berkendara, selalu jaga jari Anda untuk tetap menyentuh rem, terutama ketika di jalan menurun. Jadi, saat dibutuhkan pengereman mendadak, Anda dapat meminimalisir resikonya. Tidak perlu seluruh jari tangan, cukup jari telunjuk dan atau jari tengah saja yang berada di tuas rem.

2. Jangan menatap roda belakang sepeda yang Anda ikuti. Biarkan penglihatan periferal Anda mengawasi saat Anda melihat beberapa pengendara di depan atau di sisi lain untuk sekadar melihat apa yang mereka lakukan. Jadi, Anda akan siap jika terjadi sesuatu dalam grup, seperti ketika mereka berbelok atau mengubah kecepatan.

3. Biasanya, mengerem roda depan lebih ampuh daripada belakang, dan ini adalah cara paling efektif untuk berhenti. Namun, pada permukaan yang licin, pengereman yang keras di bagian depan bisa membuat selip roda depan, yang hampir selalu mengakibatkan tabrakan. Lebih baik gunakan rem belakang, karena akan jauh lebih mudah untuk mengendalikan segala sesuatunya, seperti roda belakang yang mengunci dan bergeser sesaat.

Pastikan untuk selalu waspada dengan memperhatikan keadaan sekitar serta saling menjaga keamanan bersama saat bersepeda.

Latest News & Event

Langkah-Langkah Mudah Membersihkan Sepeda

15 June 2021

Langkah 1: Bersihkan drivetrain.Membersihkan drivetrain dengan benar berarti memperpanjang umur penggunaannya. Pastikan minyak yang sudah bercampur dengan debu atau tanah bisa hilang. Gunakan degreaser dan sikat untuk menyapu cassette, tiap-tiap lekukan, dan sela-selanya.Langkah 2: Bersihkan sistem pengereman.Rotor, pad, disc dan segala yang berhubungan dengan sistem pengereman dibersihkan dari debu atau kotoran, terutama yang terselip di antara pad dan disc. Gunakan kain halus, benang, atau microfiber.Langkah 3: Siram dan CuciGunakan selang, basuh sepeda dengan spons dan sabun hingga minyak dan kotoran terangkat. Jika menggunakan selang bertekanan air tinggi, jangan setting dengan semburan maksimal untuk menghindari goresan akibat pasir pada frame.Langkah 4: SikatGunakan sikat kecil (seperti sikat gigi bekas) untuk membersihkan area tersembunyi, persendian, dan juga bagian bawah yang sering berhadapan dengan cipratan. Lakukan sedetil mungkin.Langkah 5: BilasSetelah dirasa cukup bersih dan semua bagian terjangkau oleh sapuan air dan sikat, kemudian bilas. Gunakan hanya air bersih, dan tidak disarankan menggunakan air hujan.Langkah 6: KeringkanKeringkan seluruh bagian dengan menggunakan kanebo atau microfiber yang tidak meninggalkan jejak minyak di frame. Sesekali boleh digoyang-goyangkan atau ubah posisi sepeda untuk memastikan tidak ada air yang tertinggal. Jika perlu, lepaskan seatpost untuk mengeringkannya.langkah 7: Beri pelumasSetelah kering, lumasi ulang bagian rantai, RD dan FD. Putar roda, pedal, dan juga cek pergantian gigi, lumasi ulang bagian yang membutuhkan.(dari berbagai sumber)